Libur Lebaran, Pengamanan Sekitar Danau Toba Diperketat

Mengantisipasi libur panjang selama lebaran, Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos Danau Toba dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) pasang badan siaga.

“Akan ada patroli dua kali darat dan empat kali danau setiap hari. Itu berlaku sejak H-3 hingga H+3 lebaran,” tutur Kapos pembantu Pos Sar Danau Toba Torang M Hutahaean, Minggu (3/7/2016).

Lihat Juga:Warga Sekitar Diminta Mendukung Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba

Dijelaskan, patroli akan diprioritaskan di pantai kawasan Ajibata-Parapat, kemudian pantai Lumban Bulbul Balige, dan Samosir.

“Khusus hari-hari libur, daerah rawan itu ada di Ajibata-Parapat. Ini prioritas, kemudian Ajibata. Untuk kawasan wisata pantai lainnya, kita koordinasikan dengan BPBD setempat,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Tobasa Espon Simanjuntak menegaskan, pihaknya siaga selama liburan, dan semua staf selama libur tidak diperbolehkan keluar dari kawasan Tobasa.

“Memang libur, tapi semua staf tetap siaga. Jadi tidak ada yang berlibur keluar daerah,” tutur Kapala BPBD Tobasa Espon Simanjuntak ketika diwawancarai Minggu (3/7/2016).

Diterangkan, ada sebanyak 14 orang personil yang siaga. Mereka juga melakukan patroli khususnya di lokasi-lokasi wisata dengan berkoordinasi dengan Basarnas Pos Danau Toba. “Jadi tetap kita pantau baik darat maupun danau. Namun ada patroli khusus untuk tempat-tempat wisata,” tandasnya.

 

Sumber:http://sumut.pojoksatu.id

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *