Danau Toba Jadi Favorit di Pameran Maraton Australia

Kemenpar mempromosikan berbagai ajang wisata lari di Indonesia dalam Gold Coast Airport Marathon 2016 di Australia. Ajang Samosir Lake Toba Ultra Marathon pun jadi primadona di sana.

Gold Coast Airport Marathon 2016 merupakan pameran maraton yang digelar di Australia tanggal 30 Juni sampai 2 Juli 2016. Event ini diikuti oleh 60 negara dengan total pelari 27 ribu peserta. Kategorinya adalah Dash Junior 2 km, Challenge 5,7 km, 10 km, 21,1 km dan 42,2 km.

Sejumlah sport tourism unggulan Indonesia ikut diboyong Kemenpar ke acara ini. Ada Rinjani Vertical Race (23 Juli), Toraja Marathon (13 Agustus), Bali Marathon (28 Agustus), Bromo Marathon (4 September), Samosir Lake Toba Ultra (17 September), Jakarta Marathon (23 Oktober), Borobudur Marathon (20 November) dan Barelang Marathon (11 Desember). Salah satu yang banyak menarik perhatian di pameran tersebut adalah ajang lari di Danau Toba.

Lihat Juga:Warga Sekitar Diminta Mendukung Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba

“Mereka sangat antusias akan mengikuti adu kecepatan di Samosir Lake Toba Ultra Marathon. Buktinya terlihat dari yang mendatangi booth kami,” ujar I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar dalam rilis kepada detikTravel, Senin (4/7/2016).

Ia mengatakan bahwa ajang lari di Danau Toba itu bisa banyak digemari karena mayoritas pecandu marathon suka view-nya dan satu-satunya maraton yang mengelilingi danau. Maraton kini memang sedang menjadi tren dunia dan Kemenpar pun tak melewatkan kesempatan untuk mempromosikan berbagai ajang itu untuk menarik banyak wisman.

“Nah saat ini (maraton) memang sedang menjadi trend di dunia dan kami harus bisa memanfaatkan ini,” kata Pitana.

Pemilihan promosi di pameran ini juga bukan tanpa alasan. Selain menjadi ajang promosi sport tourism terbesar di Australia, animo warga setempat pada ajang wisata olahraga di Indonesia cukup tinggi.

Ratusan pelari Negeri Kangguru selalu ambil bagian di sejumlah even sport tourism seperti Jakarta Marathon 2015 dan Bali Marathon 2015. Adanya fasilitas Bebas Visa Kunjungan (BVK) bagi wisman Australia juga jadi peluang untuk menarik lebih banyak lagi turis dari Negeri Kanguru itu.

“Gold Coast itu adalah kota lari di Australia. Penduduknya sangat gemar lari dan sering tampil pada ajang wisata olahraga di Indonesia,” ucap Vinsensius Jemadu, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia Pasifik.

Sumber:http://travel.detik.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *