Liburan ke Danau Toba? Ini 10 Lokasi Unik dan Khas Sumut

Anda suka wisata danau? Destinasi geopark yang terbentuk dari kaldera volcano 74 ribu tahun yang silam? Memang, Mudik Lebaran tidak terlalu terasa di sana, tetapi suasana Liburan panjang itulah yang membawa orang lebih banyak ke Danau Toba, Sumatera Utara. “Danau Toba punya daya tarik atraksi yang kuat, alam nan indah, dan secara historis ledakan Toba itu mempengaruhi iklim dunia, “ cerita Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Yang hendak berwisata ke Tanah Batak, Danau Toba, Sumatera Utara sekarang lebih mudah aksesnya. Garuda Indonesia, Sriwijaya, Susi Air dan Wings air sudah membuka rute penerbangan ke Bandara Silangit. Susi Air terbang seminggu tiga kali. Jadwalnya Selasa, Kamis, Jumat untuk rute Kualanamu-Silangit. Kemudian Wings Air rute Batam-Silangit dengan jadwal Rabu, Jumat dan Minggu. Setelah itu ada Garuda rute Jakarta-Silangit-Sibolga yang terbang tiap Selasa, Jumat, Minggu.

Silakan menemukan sensasi keindahan dan kenyamanan dengan puluhan atraksi wisata di sana. Inilah bekal referensi, 10 destinasi yang perlu Anda kunjungi di #PesonaLebaranToba #PesonaLebaranMedan #PesonaIndonesia #WonderfulToba

Lihat Juga: Tips Mengunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir

1. Kota Pangururan

Merupakan ibukota dari Kabupaten Samosir, Kota Pangururan wajib anda kunjungi bila ingin mengetahui lebih jauh terkait sejarah dari Batak. Dari Pangururan anda dapat melangkahkan kaki menuju Aek Rangat atau lebih dikenal dengan istilah Hotspring. Selanjutnya jangan lupa berkunjung ke Pussuk Buhit yang dikenal sebagai asal muasal suku Batak.

2. Tomok

Tomok tidak hanya sebatas pelabuhan, di sini anda dapat berwisata belanja. Menikmati patung menari atau Sigale-Gale. Jangan lupa untuk berkunjung ke Batu Marhosa yang dapat ditempuh dengan memakan waktu sekitar 45 menit dari Tomok.

3. Tuktuk

Tuktuk adalah pusat wisata di Kabupaten Samosir, pada tahun 1976 Tuktuk sangatlah ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan nan eksotis yang dihadirkan oleh balutan Danau Toba, belajar tentang kebudayaan Batak dan tentu saja ada yang tak boleh anda lewatkan, menyaksikan ritual di Desa Siallagan.

4. Simarjarunjung

Simarjarunjung terkenal karena pemandangan landscape Danau Toba yang begitu memukau dapat anda lihat secara langsung, kontur bukit barisan yang bergaris dengan tepian Danau Toba amatlah memukau. Turis domestik dan mancanegara banyak singgah di lokasi ini sebelum melanjutkan perjalanan wisata Sumatera Utara ke Samosir, Parapat, Tuktuk, Tomok, Pematang Siantar dan tempat-tempat lainnya. Simarjarunjung juga banyak dipuja oleh para fotographer sebagai lokasi pra-wedding shoot dan juga untuk keperluan travel photography

5. Tanjung Unta

Tanjung Unta, merupakan sebuah nama yang diberikan oleh Wakil Presiden pertama Indonesia, Mohammad Hatta ketika beliau tengah berkunjung menikmati keindahan danau Toba kala itu. Nama Tanjung Unta diberikan karena destinasi wisata ini memang seperti hewan unta yang tengah berisirahat.Sebagai tempat rekreasi, Tanjung Unta sangat cocok dijadikan sebagai lokasi wisata keluarga. Berbagai macam aktifitas dapat anda lakukan anda disini seperti menelusuri Tanjung Unta dengna berjalan kaki. Bagi anda yang ingin berkemah tak perlu khawatir, beberapa titik di Tanjung Unta dapat dijadikan sebagai lokasi camping. Selain itu kegiatan yang biasa dilakukan saat berwisata air tentu saja dapat anda lakukan disini seperti memancing ikan, canoeing (berperahu) dan juga water ski. Selain itu, Anda dapat juga menikmati wisata budaya di Simalungun seperti di Rumah Bolon Purba dan Haranggaol.

Lihat Juga:Ruter Perjalanan Menuju Danau Toba

6. Haranggaol

Sekeping surga di Danau Toba, Haranggaol telah lama dikenal sebagai tempat wisata alam. Kegiatan yang tak boleh Anda lewatkan adalah melihat peternakan ikan yang dikelola secara tradisional oleh masyarakat.

7. Silalahi

Silalahi adalah satu marga Batak, namun jangan salah sangka, di ujung Danau Toba terdapat desa yang dinamai Desa Silalahi. Disini anda dapat merasakan keteduhan Tao Toba yang memukau.

8. Tugu Silalahi

Bagi suku Batak, adalah sebuah kebanggan besar mendirikan tugu sebagai perlambang eksistensi. Tugu Silalahi berdiri megah di tepian Danau Toba dan Anda tentu dapat mengunjunginya.

9. Tongging

Tongging amat terkenal karena dari tempat ini Anda dapat menyaksikan dua objek wisata sekaligus yakni Danau Toba dan Air Terjun Sipiso-Piso. Pemandangan di depan mata ibarat lukisan alam terbaik yang memiliki nilai seni tinggi. Suasana alam yang sangat indah, tiupan angin, dan heningnya suasana membuatku merasa tenang. Tongging adalah tempat yang tepat untuk bersantai. Dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut, pemandangan yang menarik, udara sejuk, dan budaya di sini, sangat cocok tujuan wisata. Desa Tongging juga sangat dekat dengan Air terjun Sipiso-piso. Air terjun ini adalah salah satu yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Air terjun Sipiso-piso terbentuk dari sungai bawah tanah di plato Karo, yang mengalir dari sebuah gua disisi kawah Danau Toba.

Lihat Juga:Kawasan Wisata Danau Toba Menjadi Semakin Bergairah

10. Taman Simalem

Resort yang megah dan menawan, pemandangan landscape Danau Toba masih menjadi suguhan paling menarik yang dihadirkan oleh resort ini. (*)

Sumber:http://indopos.co.id

Post Author: Come To Lake Toba

1 thought on “Liburan ke Danau Toba? Ini 10 Lokasi Unik dan Khas Sumut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *