Restorasi Danau Toba, Pemerintah Akan Tanam 7000 Pohon

Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara pada 29-30 Juli 2016.

Agenda utama kunjungan tersebut adalah merestorasi kawasan Danau Toba, yaitu melalui penanaman pohon dan penyebaran bibit ikan.

Menurut Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian LHK Hilman Nugroho, setidaknya akan ada ribuan bibit ikan yang akan disebar di perairan Danau Toba dan 7000 pohon yang akan ditanam di Hutan Ginjang, Tapanuli Utara.

“Kegiatan penanaman pohon akan dilakukan pada 29 Juli dan rencananya ada 7000 benih pohon yang akan ditanam oleh 1000 orang,” kata Hilman saat ditemui di Kementerian LHK, Senin (20/6).

Lihat juga: Pusat Perayaan HUT RI Ke-71 Berlangsung di Danau Toba

Menurut Hilman, pihaknya telah melakukan survei terlebih dahulu pada awal Mei 2016 silam dan sudah mempersiapkan banyak benih yang dirasa cocok untul ditanam di hutan yang berdekatan dengan Danau Toba tersebut. Setidaknya, kata Hilman, penanaman pohon akan dilakukan di lahan seluas 15 hektar.

Selain itu, Jusuf Kalla juga akan mengadakan dialog bersama warga guna membahas pembangunan wilayah di sekitar Danau Toba. Dari dialog tersebut, diharapkan hasilnya bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

“Kunker ini harus produktif dan sesuai keinginan Presiden dan Wakil Presiden agar sedapat mungkin ada (hasil dialog) yang bisa ditindaklanjuti,” kata Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.

Ketua organisasi Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) Effendi Simbolon yang juga ikut dalam rapat tersebut mengatakan restorasi kawasan Danau Toba masuk dalam agenda kunker lantaran permintaan dari Jusuf Kalla sendiri.

Jusuf Kalla, ujar Effendi, meminta sebelum menjual nama Danau Toba ke dunia ada baiknya merestorasi terlebih dahulu kawasan tersebut.

Sebagai organisasi penyelenggara acara adat dan budaya di kunker tersebut, Effendi pun menyanggupi hal tersebut dan bekerja sama dengan Kementerian LHK.

“Restorasi lingkungan ini untuk lingkungan yang lebih baik karena percuma menjual Toba, tapi Toba sendiri sedang sekarat,” ujar Effendi.

Lihat juga: Target Danau Toba Selevel Bali Segera Terwujud

Danau Toba adalah salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas yang ditetapkan Pemerintah Jokowi. Sembilan destinasi lainnya adalah Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang.

Sumber:http://www.cnnindonesia.com

Post Author: Come To Lake Toba

1 thought on “Restorasi Danau Toba, Pemerintah Akan Tanam 7000 Pohon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *