Keunggulan Danau Toba Dibanding Destinasi Lainnya

Danau Toba di Sumatera Utara memang megah dan terkenal indah. Namun dibanding destinasi wisata lain, Danau Toba punya keunggulan yang tak ada duanya.

Sejarahnya, Danau Toba tercipta dari letusan Gunung Toba yang terjadi sekitar 75 ribu tahun silam. Saking dahsyatnya, letusan yang lebih dahsyat dari Krakatau tersebut sampai menimbulkan perubahan iklim sekaligus mengawali terciptanya Danau Toba.

Kisah itu pun ditampilkan dalam acara Malam Budaya Menyongsong Otorita Danau Toba di Kantor BPPT, Jakarta, Rabu malam (25/5/2016). Siapa sangka, sejarah tersebut menjadi poin plus Danau Toba ketimbang destinasi indah lainnya.

Menko Maritim Rizal Ramli pun menuturkan, bahwa keindahan saja tidak cukup untuk menarik wisatawan. Perlu ada suatu cerita menarik atau story line menarik yang dapat diceritakan pada para wisatawan.

“Apa itu kekuatan Danau Toba? Ada magnet story line, jalan cerita yang akan jadi magnet orang datang ke Danau Toba, itu awal film tadi,” ujar Menko Maritim, Rizal Ramli.

Rizal pun sempat membandingkan Danau Toba dengan Colosseum yang ada di Italia. Menurut Rizal, Colosseum yang adalah bangunan tua punya cerita Romawi yang seakan membawa traveler kembali ke masa itu. Bahwa kisah dan cerita menarik terbukti dapat menarik wisatawan.

“Di dalam tourism, imagination are stronger than reality. Artinya apa? Kalau cerita Danau Toba dijelaskan banyak orang yang kepengen melihat cerita perubahan climate change yang sangat besar,” ujar Rizal.

Untuk menyampaikan kisah tersebut, Rizal pun telah mengundang direktur dari Smithsonian Institute yang menjadi kepala dari sejumlah museum di AS. Tak tanggung-tanggung, ke depannya akan dibuat bioskop IMAX 4D di Danau Toba.

“Kita nanti akan bikin 4Dimension IMAX Theater di Danau Toba. Jadi kalau bapak ibu lihat di theaternya adegan ledakan itu terasa, akan ada suasana dramatik sekitar 20 menit di mana sodara seolah berasa ada di dunia 75 ribu tahun masehi,” ujar Rizal.

Usai melihat film terbentuknya Danau Toba, wisatawan pun bisa melanjutkan berkeliling danau sekaligus makan dan mendengarkan live musik. Semoga semua rencana di Danau Toba dapat berjalan lancar. Kita tunggu saja.

 

Sumber: http://travel.detik.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *