Festival Danau Toba digelar Bulan September 2016

Pemerintah provinsi Sumut (Pemprovsu) sepanjang tahun 2016  hanya menggelar Festival Danau Toba di bulan September. Even lainnya akan digelar  masing-masing daerah di Sumut. “Kalau evennya tahun ini kita hanya menggelar Festival Danau Toba selebihnya kita akan berfokus pada promosi dan sosialisasi wisata,” ujar Kadisbudpar Sumut, Elisa Marbun.

Dijelaskannya, untuk tahun ini anggaran yang dialokasikan untuk even pariwisata hanya  Rp10 miliar dan bukan Rp30 miliar. “Anggaran even hanya Rp10 miliar kalau Rp30 miliar itu keseluruhan anggaran Disbudpar termasuk belanja pegawai,” terangnya.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, kata dia, alokasi anggaran untuk even ini memang naik karena tahun lalu hanya berkisar Rp6 miliar. Namun, anggaran tersebut masih sangat minim, sehingga tahun ini pihaknya hanya bisa menggelar even Festival Danau Toba dengan alokasi anggaran Rp2,5 miliar dan memberikan bantuan anggaran untuk kegiatan wisata di daerah, di mana masing-masing daerah diberikan Rp100 juta, sehingga dialokasikan anggaran sebesar Rp3,3 miliar. “Masing-masing daerah kita minta mengusulkan tiga agenda wisatanya, namun yang bisa kita support anggarannya hanya satu even. Bantuan ini merupakan kebijakan dari pak Plt Gubsu agar even wisata di daerah juga bisa bergairah seiring dengan semangat otonomi daerah,”paparnya.

Selebihnya , kata dia, pihaknya akan lebih banyak melakukan sosialisasi dan promosi wisata ke berbagai daerah di Sumut. Selain itu juga akan dilakukan sosialisasi sadar wisata ke berbagai daerah.

Dia mengatakan pihaknya akan berusaha maksimal  meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumut, meskipun anggaran masih sangat minim.

Dalam kalender even wisata Sumut tahun 2016, kata dia, terdapat  49 even yang ditawarkan Pemprovsu untuk para wisatawan. Beberapa even yang akan digelar yakni Festival Gondang Naposo di Samosir tanggal 4-5 April 2016, Pekan Raya Sumut ke- 44 di Medan tanggal 20 Maret, Geobike Kaldera Toba tanggal 11-12 April.

Selain itu, digelar pesta Mejuah-juah di Kabupaten Karo tanggal 17-18 Mei, Ramadhan Fair di Medan tanggal 7Juni sampai 6 Juli. Festival Tor-tor dan Alat Musik Tradisional Kabupaten Humbang Hasundutan, Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Nias bulan Agustus. Pesta Bunga dan Buah di Karo bulan September, Pesta Budaya Njuah-Njuah kabupaten Dairi tanggal 25-30 Oktober, Margondang di Kota Padang Sidempuan tanggal 25 November. Selanjutnya di bulan Desember Christmas Season dan Karnaval Kota Medan tanggal 25 Desember dan Pesta Rakyat Akhir Tahun Kota Medan tanggal 31 Desember.(hs)

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *