Laporan Perjalanan Danau Toba dan P. Samosir

Transportasi
Udara : Bila anda dari kota selain Medan, anda dapat naik pesawat. Sesampainya di medan, anda dapat menumpang bus DAMRI menuju Terminal Amplas.
Darat : transportasi darat menuju danau toba, dengan mudah dapat ditemukan di terminal Amplas kota Medan. Bus yang biasa menangani rute ini adalah bus sejahtera dan intra dengan kisaran harga 35 ribu sampai 40 ribu. Sesampainya di kota Parapat, anda dapat menaiki angkot dengan membayar 4 ribu untuk sampai ke pelabuhan ajibata.
*Untuk menyeberang ke pulau Samosir, anda perlu menaiki kapal yang beroperasi setiap jam mulai jam 9 pagi. Harga kapal sendiri cukup murah, yakni 10 ribu.

Makanan
Bagi anda yang non muslim, anda dapat menemukan makanan khas daerah Toba yakni Saksang dan Babi Panggang. Anda cukup membayar dengan biaya 20 ribu untuk mendapatkan seporsi makanan tersebut.
Bagi anda yang beragama Islam, tenang saja, karena daerah ini menjual berbagai makanan halal. Begitu banyak kios yang menulis di bagian depan kios “makanan muslim”, sehingga anda tidak perlu kawatir salah memasuki rumah makan. Makanan dari masakan Padang, masakan jawa, dan Eropa dapat anda temui dengan mudah.

Pulau Samosir
Anda pernah mendengar pulau Samosir? Pulau ini merupakan pulau yang berada di tengah-tengah danau toba. Keelokannya telah tersiar sampai ke mancanegara, sehingga tidak mengherankan bila kita dapat dengan mudah menemui wisatawan asing di daerah ini. Dengan perjalanan sekitar 45 menit melalui pelabuhan ajibata, kita dapat menuju ke Tuk-tuk, daerah yang menjadi konsentrasi kegiatan turis.
Kapal yang membawa kita sampai ke tuktuk dapat dipesan untuk berhenti di penginapan yang ingin kalian datangi, jadi anda tidak perlu menunggu sampai kapal berhenti di pelabuhan tuk tuk. Selain di pabukan Tuk-tuk, tidak jauh dari tempat ini ada juga pelabuhan Tomok yang tidak kalah ramainya sebagai tempat konsentrasi turis. Namun saya menyarankan untuk menginap di daerah Tuk-tuk karena lebih dekat ke daerah2 wisata di Pulau Samosir

Penginapan di pulau samosir
– Hotel Carolina
– Samosir Cottage
– Bagus Bay inn
– Romlan Guest House
– Samosir Villas
– Tabo Hotel
– Toledo Inn
– dll

Transportasi di pulau Samosir
Di pulau Samosir, anda tidak dapat menemukan angkot atau kendaraan umum sejenis itu, namun ojek tersedia di dekat pelabuhan. Bila anda ingin menyewa kendaraan, anda dapat menyewa kendaraan berikut :
Sepeda motor seharga 100 ribu per hari
Mobil seharga 300-500 ribu per hari
*Berhati-hatilah bila menyewa kendaraan di pulau ini, karena segala kerusakan kendaraan yang anda sewa, menjadi tanggung jawab anda, sementara jalanan di pulau samosir masih banyak yang belum terlalu baik, jadi berhati-hatilah.

Kawasan yang dapat dikunjungi di Pulau Samosir

– Makam Raja Kuno Sidabutar di daerah Tomok

– Kursi batu , warisan peninggalan jaman kerajaan di masa lampau, sekitar 5 km dari daerah Tuk-tuk

– Museum Batak, museum yang memamerkan berbagai benda tradisional Batak dan rumah adat. Sekitar 20 km dari tuk-tuk
– Mata Air panas, sekitar 42km dari tuk-tuk
– Danau Sidihoni, danau di tengah Pulau samosir

Komentar dalam perjalanan
Danau Toba dan Pulau Samosir merupakan tempat yang sangat indah, di pagi hari udaranya sangat sejuk, menikmati teh hangat ditemani udara yang dingin memang menambah hasrat untuk berpetualang. Penginapan di pulau samosir biasanya berada di pinggi danau, jadi kita dapat mengan mudah menikmati indahnya danau toba dari pagi hari, sampai malam. Selain menikmati keindahannya, kita juga dapat mandi di danau, air yang dingin membuat badan terasa sangat segar. Namun ketika malam hari, angin akan sangat besar, dan ombak juga tak henti-hentinya bergerak, jadi berhati-hatilah di malam hari bila ingin mandi di danau.

 

Sumber:by: ascenta.tour

 

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *