Menikmati Indahnya Alam Danau Toba

SIAPA yang tidak kenal Danau Toba. Danau raksasa yang terletak di Sumatera Utara ini menjadi kebanggaan Indonesia karena keindahan alamnya. Apabila Anda berkunjung ke Danau Toba, Anda mungkin heran karena mendapati danau ini lebih mirip lautan dibandingkan danau. Suasana yang adem dan menyegarkan, pemandangan yang indah dan memesona, dengan pegunungan yang mengelilingi daerah ini mungkin akan membuat Anda betah. Pulau Samosir terletak dengan megahnya di tengah-tengah pulau. Di tengah-tengah Samosir, masih ada danau lagi, yang menambah keunikan tempat wisata ini.

Bagaimana Caranya ke Danau Toba?

Kota Parapat adalah kota wisata tersohor yang berada di tepi Danau Toba. Bila Anda ingin menikmati keindahan alam Danau Toba, maka Anda bisa datang ke Parapat. Dengan menggunakan mobil sewaan dari kota Medan, Anda dapat mencapai Parapat dalam waktu kurang lebih 4 jam. Perjalanan menuju Parapat akan Anda nikmati sambil menyaksikan kota-kota kecil di Sumatera Utara seperti Tebing Tinggi dan Pematang Siantar. Melewati Pematang Siantar, Anda akan memasuki kawasan hutan lebat dengan udara yang sangat segar. Menjelang Parapat, Anda pasti akan memalingkan wajah Anda ke kanan. Hamparan luas air berwarna biru tampak indah terlihat dari atas kendaraan yang Anda tumpangi. Terlihat juga sebuah pulau berdiri megah di tengah Danau Toba. Itulah Pulau Samosir. Bila sudah begitu, berarti Anda akan segera tiba di kota Parapat.

Tempat Menginap

Berbagai penginapan dan hotel tersedia di Parapat. Beberapa hotel malah menyediakan fasilitas seperti kolam renang dan jacuzzi untuk memanjakan tamu-tamunya. Untuk urusan harga, Anda bila memilih sesuai ketebalan kantong Anda. Untuk tarif termurah ada yang Rp. 60.000 permalam. Ukuran menengah juga ada dengan kisaran harga Rp. 150.000-Rp.250.000. Bila Anda ingin kesempurnaan dalam liburan Anda, ada juga kamar dengan tarif Rp. 400.000-Rp. 800.000. Beberapa hotel yang bisa Anda pilih antara lain Hotel Niagara Parapat, Hotel Inna Parapat, Hotel Wisata bahari, Hotel Dharma Deli, Hotel Danau Toba, Hotel Tara Bunga dll.

Ke Pulau Samosir

Jika berkunjung ke Danau Toba, tidak lengkap jika Anda tidak bertandang ke Pulau Samosir. Untuk bisa sampai ke sana, Anda cukup merogoh kocek Rp. 7000 saja untuk pulang-pergi. Sebuah perahu mesin dengan kapasitas sekitar 50 penumpang akan membawa Anda mengarungi air danau untuk bisa menyeberang ke Pulau Samosir. Palam perjalanan, biasanya nahkoda akan membawa penumpang berkeliling sejenak mengitari sebahagian Danau Toba. Bila beruntung, nahkoda bersedia membawa penumpang melihat batu gantung, yang terletak di tepian jurang Danau Toba. Batu Gantung memiliki mitos yang dipercaya sebagai seekor anjing yang tergantung dan menjadi batu.

Di Pulau Samosir, yang paling terkenal menjadi tujuan wisata adalah Tomok, Tuk Tuk dan Ambarita. Selain terdapat pusat penjualan souvenir, di sana Anda dapat melihat peninggalan adat raja-raja Batak dalam bentuk artefak dan bebatuan. Juga terdapat patung Sigale-gale yang terkenal itu.

Buah Tangan

Suvenir seperti T Shirt, topi, gantungan kunci, dan sebagainya dapat Anda beli di Medan, Parapat, ataupun di Pulau Samosir. Di Tuk Tuk Anda dapat membeli kerajinan khas suku Batak yang unik–misalnya ulos, ukiran khas, kalender Batak, alat musik tradisional, dan lain sebagainya.

Tips

– Bawalah jaket dan topi. Tempat ini mungkin cukup dingin bagi beberapa orang.

– Bawalah baju renang dan perlengkapan olahraga Anda.

Sumber : Batakspot.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *