Menilik Sisi Lain Danau Toba

Danau Toba?? Yap, danau ini terletak di Provinsi Sumatera Utara. Danau Toba dikelilingi oleh 7 Kabupaten yang ada di Sumatera Utara ini.
Kabupaten tersebut adalah:

1. Samosir
2. Karo
3. Tapanuli Utara
4. Toba Samosir
5. Simalungun
6. Humbang Hasundutan
7. Dairi

Yap itu dia 7 Kabupaten yang mengelilingi daerah Danau Toba. Danau Toba juga terkenal dengan luas dan keindahan panorama alamnya. Masih banyak daerah Danau Toba yang jarang disentuh oleh tangan manusia. Nah, di sini ane pengen nunjukin ke agan-agan semua salah satu potret keindahan Danau Toba, tempat serta akses menuju ke sana.

Menilik Sisi Lain Danau Toba
Hutaginjang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Udara di sini masih segar banget gan. Berada di atas bukit, desa ini menawarkan pemandangan luas Danau Toba beserta desa-desa yang terletak di pinggirannya. Tentu saja Landscape yang ditawarkan membuat hati dan pikiran tenang gan. Di desa ini juga terdapat apa yang disebut dengan Bukit Doa.

Menilik Sisi Lain Danau TobaBukit Doa sendiri adalah patung tangan yang membentuk sikap berdoa

Dari sini juga agan-agan bisa liat jelas “Dolok Tolong” atau bahasa Indonesianya adalah “Gunung Tolong” yang terletak di Kecamatan Tampahan, tidak jauh dari Kecamatan Balige.

Menilik Sisi Lain Danau Toba
Objek wisata Sipinsur terletak di Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan. Lokasinya nggak begitu jauh dari Desa Hutaginjang. Objek wisata ini menawarkan pemandangan alam danau toba yang luar biasa. Ditemani dengan pohon-pohon Pinus membuat objek wisata ini nyaman untuk dikunjungi.

Menilik Sisi Lain Danau Toba

Namun, karena kurangnya petunjuk jalan ke objek wisata ini yah, bisa saja agan-agan ke sasar malah menemukan jalan buntu. Solusinya ya silakan bertanya pada penduduk setempat. Tenang, semuanya ramah sama pendatang. Masyarakat di sini adalah Suku Batak. Dari sini juga kita bisa melihat dengan jelas Pulau Sibandang. Pulau yang ada di Danau Toba selain Pulau Samosir, juga Kecamatan Muara yang terletak di Kabupaten Tapanuli Utara. Beberapa foto yang diambil dari Sipinsur:

Menilik Sisi Lain Danau Toba
Menilik Sisi Lain Danau Toba

Yah, itulah dua tempat yang sejauh ini sudah ane jalani . Sebenarnya ada beberapa tempat lain, cuman belum sempat ane masukin. Keindahan alam Danau Toba tentunya harus kita jaga . Sebagai catatan, di Sipinsur sendiri banyak sampah-sampah yang ditinggalkan oleh pengunjung, ini membuat miris gan. Katanya pengen menenangkan diri dengan melihat pemandangan alam, eh malah buang sampah sembarangan. Beberapa tempat yang sudah ane kunjungi juga demikian. Kalo tetap demikian gimana nasib alam kita ????

Jagalah alam! Buanglah sampah pada tempatnya!

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *