Ini yang Akan Dilakukan Jokowi untuk Jadikan Danau Toba Mendunia

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadikan kawasan Danau Toba menjadi destinasi wisata dunia. Sejumlah langkah pun akan dilakukan oleh pemerintah untuk menggenjot wisata Danau Toba.

Hal itu diputuskan oleh Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Sumatera Utara Selasa, 1 Maret 2016. Dalam kunjungannya ini Presiden langsung mengumpulkan bupati, gubernur dan menteri-menteri terkait untuk menindaklanjuti harapan menjadikan Danau Toba wisata dunia.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, rapat antara Presiden Jokowi dengan Gubernur Sumatera Utara dan para bupati langsung mengambil keputusan. Keputusan diambil di lapangan setelah sebelumnya dilakukan rapat terbatas di Istana Negara selama dua kali.

“Jadi finalisasinya dilaksanakan di lapangan, ini yang penting karena melihat (Danau Toba) langsung putus,” kata Luhut kepada wartawan di atas pesawat dalam perjalanan dari Sumatera Utara ke Pekanbaru, Rabu (2/3/2016).

Menurut Luhut, nantinya landasan Bandara Silangit  di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, akan diperpanjang sehingga memungkinkan pesawat Boeing 737 mendarat. Mulai April nanti pesawat Garuda Indonesia akan mendarat 3 kali sepekan di Bandara Silangit.

Kawasan wisata Sibisa di daerah Deli, dekat Silangit akan diperluas menjadi 500 hektar. Infrastruktur jalan juga akan digenjot. “Diputusin lagi jalan, karena ini lebih penting lagi, jadi tol road dari Medan, sekarang sudah sampai Tebing Tinggi, nanti ke Siantar, terus Parapat, nanti jalan lagi terus ke Sibolga,” papar Luhut.

Presiden Jokowi juga menginginkan agar kegiatan ekonomi di tempat wisata Danau Toba memperhatikan kebersihan lingkungan. Yang tak kalah penting adalah arsitektur lokal harus dipertahankan.

“Diputuskan lagi sama beliau, elok kalau kita ini punya mau datang ke daerah itu arsitekturnya sudah yang daerah itu jangan yang aneh aneh,” kata Luhut.

Sumber: Detik.com

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *