5 Fakta Danau Toba

Kalian tentunya tau dong Danau Toba? Danau Toba merupakan keajaiban alam menakjubkan di Pulau Sumatera. Sulit membayangkan ada tempat yang lebih indah untuk dikunjungi di Sumatera Utara selain danau ini. Suasana sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan memesona pegunungan hijau adalah sebagian kecil saja dari imaji danau raksasa yang berada 900 meter di atas permukaan laut itu. Berikut ini merupakan fakta-fakta yang dimiliki oleh Danau Toba

Danau Toba Adalah Gunung Api Raksasa

5 Fakta Danau Toba yang Bikin Agan Tercengang.. WOW!!

Pada zaman dahulu diperkirakaan 74.000 tahun yang lalu, terdapat letusan Gunung Toba yang tergolong gunung api aktif raksasa yang dalam kategori sangat besar. Gunung tersebut rawan erupsi, terkait dengan posisi Indonesia yang terletak di pertemuan tiga lempeng tektonik, yakni Eurasia, Indo-Australia dan Lempang Pasifik. Gunung Toba tergolong Supervolcano karena memiliki kantong magma yang besar yang jika meletus kalderanya besar sekali. Volcano biasa rata-rata kaldera mencapai ratusan meter, sedangkan Supervolcano dapat mencapai puluhan kilometer.

Gunung Toba Telah Meletus Sebanyak 3 Kali

5 Fakta Danau Toba yang Bikin Agan Tercengang.. WOW!!

Letusan pertama terjadi sekitar 800 ribu tahun lalu. Letusan ini menghasilkan kaldera di selatan Danau Toba, meliputi daerah Prapat dan Porsea. Letusan kedua yang memiliki kekuatan lebih kecil, terjadi sekitar 500 ribu tahun lalu. Letusan ini membentuk kaldera di utara Danau Toba. Tepatnya di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol. Letusan ketiga adalah letusan yang paing dahsyat, sekitar 74.000 tahun lalu yang menghasilkan kaldera yang menjadi Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Meletusnya Gunung Toba merupakan Kematian Massal

5 Fakta Danau Toba yang Bikin Agan Tercengang.. WOW!!
Meletusnya Gunung Toba menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu. Meletusnya Gunung Toba mengakibatkan pengaruh yang sangat besar, ditemukan bukti bentuk molekul debu vulkanik yang sama di 2100 titik di dunia.

Danau Vulkanik Terbesar

5 Fakta Danau Toba yang Bikin Agan Tercengang.. WOW!!
Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 20 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia dan bahkan dunia.

Destinasi Wisata

5 Fakta Danau Toba yang Bikin Agan Tercengang.. WOW!!
Sekarang Danau Toba menjadi danau yang sangat indah. Danau Toba menduduki peringkat pertama dunia di akun sosial twitter dibandingkan danau indah lainnya. Danau Toba menjadi destinasi wisata di Sumatera Utara baik wisatawan lokal, nasional, dan mancanegara.

Post Author: Come To Lake Toba

1 thought on “5 Fakta Danau Toba

    JeNris JuNior MaNurung

    (April 16, 2016 - 3:47 am)

    Wow like it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *