Berkunjung ke Danau Toba? Jangan Lewatkan 5 Kegiatan Ini

Bagi kamu yang suka alam, bentangan panorama indah ada dari pulau Weh hingga Marauke. Tak hanya itu, keelokannya pun berpadu dengan kuliner yang begitu menggugah selera dan kearifan budaya setempat. Salah satu lokasi yang bisa dijadikan sebagai wisata alam sekaligus budaya adalah pulau Sumatra.

Karena akses darat belum terlalu bagus, sebagian besar pelancong akan memilih pesawat terbang sebagai moda transportasi untuk mencapai berbagai destinasi di Sumatra. Salah satu tempat yang sudah cukup terkenal dan worth it untuk didatangi adalah Danau Toba. Kalau berkunjung ke salah satu tempat wisata paling terkenal di Sumatra Utara itu, jangan sampai lewatkan kegiatan-kegiatan berikut.

Kunjungi perkampungan adat batak. Salah satu kegiatan wajib adalah melihat ragam rumah khas Sumatra Utara di sebuah perkampungan dekat Ambarita. Kamu bisa temukan benda-benda bermaterial batu yang tak lapuk dimakan usia. Jangan lupa untuk memakai jasa pemandu asli Batak supaya dapat informasi lebih tentang sejarah Batak kuno yang sarat akan kanibalisme.

Bertandang ke makam Raja Sidabutar. Berada di sebelah tenggara desa Tuk Tuk, kamu akan temukan makam bantu yang sarat akan atmosfer kuno dan epik. Situs ini tak terlalu besar, namun punya magnet yang sanggup menarik setiap pelancong. Sebelum sampai di makam Raja Sidabutar, kamu akan temukan jajaran kios yang menjual pernak-pernik dengan corak khas Sumatra Utara.

Mengelilingi pulau Samosir. Mungkin bukan perjalanan yang memakan waktu sebentar. Menggunakan sepeda motor untuk berkeliling pulau Samosir, kamu akan jumpai beragam pemandangan. Mulai dari gereja tua, julangan gunung yang berpadu dengan air danau, hingga keseharian penduduk lokal. Jalur yang dilalui sudah cukup bagus, jadi kamu tak perlu khawatir.

Bersua dengan sumber air panas. Lokasinya berada di sisi pulau yang berlainan dengan desa Tuk Tuk. Walau menarik untuk dilihat, namun karena bau belerang yang begitu menyengat serta suhu air yang terlalu panas, kamu tak bisa berendam di sini. Tapi kamu bisa mengendari sepeda motor ke arah bukit di mana air panas ini berasal serta melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian.

Melihat danau di dalam danau. Tak jauh dari desa Tuk Tuk, kamu juga bisa temukan Danau Sidihoni. Jadi satu fenomena langka di mana terdapat danau di dalam danau, kamu harus punya keberanian untuk mencapai kawasan ini. Bukan tanpa alasan, jalur yang dilalui bergitu menantang. Karena sangat sulit, bahkan tak sedikit turis yang tersesat. Tak perlu khawatir, penduduk setempat selalu berbaik hati menunjukkan jalan kalau kamu tersesat.

Paket lengkap. Kamu bisa nikmati sejuknya udara, matahari terbit dan terbenam yang terpantul dengan indahnya di air danau, serta menyelami kearifan budaya lokal. Danau Toba memang bisa dikatakan sebagai satu destinasi yang tak lekang oleh waktu.

Post Author: Come To Lake Toba

1 thought on “Berkunjung ke Danau Toba? Jangan Lewatkan 5 Kegiatan Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *