Keindahan Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu obyek wisata yang paling populer dari Sumatera Utara. Sebagai sebuah danau terbesar se-asia tenggara, tak heran jika nama danau toba di kenal luas hingga ke berbagai negara di dunia. Danau toba juga termasuk dalam daftar keajaiban dunia, danau yang mengagumkan ini terjadi ketika gunung Toba meletus sekitar 70 ribu tahun lalu, letusan gunung api toba tersebut merupakan letusan yang paling dahsyat yang pernah terjadi di muka bumi ini (berdasarkan penelitian sejarah), ketika gunung toba meletus, abu letusan gunung terbawa oleh angin hingga menyelimuti sebagian dari permukaan bumi ini. Bukan hanya menghembuskan debunya, namun letusan tersebut diperkirakan juga memusnahkan banyak spesies pada saat itu, khususnya di daerah sumatera. Dan danau toba yang sekarang kita kenal merupakan bukti dari sejarah tersebut (berdasarkan sejarah meletusnya gunung toba). Ada juga cerita masyarakat yang mengatakan bahwa danau toba terjadi karena ingkar janji seorang petani kepada istrinya yang berada dari ikan emas ajaib. Namun itu hanyalah mitos.

Jika menelusuri danau toba lebih dalam, sebenarnya pulau di tengah danau bukan hanya pulau samosir, ada juga pulau bernama Pulau Sibandang, pulau ini berada di Kecamatan Muara Kab. tapanuli utara, memang tidak terlalu besar,  namun pulau ini juga benar-benar di kelilingi oleh air danau toba, untuk menuju daerah ini saja harus menggunakan kapal-kapal kecil yang biasanya bisa bersandar di pelabuhan kecil pasar muara. Satu lagi, adalah Pulau simamora.  Pulau simamora ini berada di desa Bakti raja, kabupaten Humbang Hasundutan. Pulau ini memang sangat kecil, bahkan tidak berpenghuni. Namun, jika anda mencoba berkunjung ke kecamatan Bakti Raja (Kampung pahlawan nasional Raja Sisingamangaraja XII), anda akan melihat pulau ini berdiri di tengah danau toba.

Sebagai tujuan wisata yang sudah dikenal secara internasional, danau toba sudah didatangi oleh banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Salah satu spot yang paling banyak di kunjungi wisatawan adalah Pulau Samosir, tepatnya berada di Desa Tuktuk Siadong-adong. Desa ini terlihat seperti sebuah Semenanjung (daratan yang mencorok ketengah danau) di sini anda bisa menemukan sisi keindahan danau toba yang tenang dan damai, di daerah ini anda bisa menemukan penginapan seperti hotel, losmen dan jenis penginapan lainnya. Di Tomok, anda bisa melihat masyarakat lokal menjajakan souvenir-souvenir menarik, seperti ukiran patung dari kayu, baju bersablon danau toba, ulos dan beberapa souvenir unik lainnya.

Di pulau samosir ini sendiri, anda tidak hanya merasakan keindahan danau toba saja, anda bisa melakukan kegiatan wisata seperti mengelilingi desa tuktuk siadong-adong  (desa ini seperti berbentuk bundaran) anda bisa memulai perjalan baik naik sepeda maupun jalan kaki dan nantinya anda akan kembali lagi ke tempat anda semula. Atau bisa juga dengan mengunjungi situs-situs bersejarah lainnya tentang suku batak, seperti Makam raja sidabutar dan situs-situs lainnya. Melihat para masyarakat lokal yang sedang menanami padi di sawah mereka. Di beberapa sudut terlihat rumah-rumah penduduk dengan Gorga Batak menghiasi tampak depan rumah mereka.

Jika anda adalah seorang yang suka akan tantangan, anda juga bisa mendaki gunung Pusuk Buhit dengan tinggi sekitar 2 kilometer. Dolok atau Gunung pusuk buhit ini dikenal sebagai gunung yang sangat sakral bagi suku batak. Dan hal itu menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi banyak penakluk gunung. Dari gunung ini, pemandangan danau toba akan terhampar dengan luas, perbukitan terlihat mengelilingi danau toba dan birunya air danau akan melepaskan rasa lelah anda selama dalam perjalanan.

Post Author: Come To Lake Toba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *